ANALISIS UNSUR ETNOPEDAGOGIK DALAM LAGU DAERAH MANUK DADALI PADA MAHASISWA BARU PGSD KAB. KUNINGAN

Mia Zultrianti Sari, Rahman Rahman, Fazrul Prasetya Nur Fahrozy, Yani Fitriyani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya unsur etnopedagogik dalam pembelajaran serta untuk mengetahui sejauh mana persepsi mahasiswa baru PGSD terhadap lagu Manuk Dadali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengetahui etnopedagogi dalam sebuah lagu daerah Manuk Dadali. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 106 subjek penelitian (responden) mahasiswa baru PGSD yang tersebar di Universitas di Kab. Kuningan. Dengan jumlah 77 mahasiswa perempuan dan 29 mahasiswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu bahwa sebagian besar mahasiswa mengetahui akan lagu daerah Manuk Dadali dan mengetahui makna terkandung dalam lagu daerah tersebut.


Keywords


Etnopedagogik, Lagu Daerah, Manuk Dadali

Full Text:

PDF

References


Kamal, dkk (2015). Ethnopedagogy the Proceeding of International Seminar on Etnopedagogy. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Purniadi, P. (2017). Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD/MI. Primary Education Journal, Vol.1, No.1, Hlm. 17-23 (diakses pada 21 September 2021).

Putra, B. Juwanda. (2014). Perbandingan Persepsi Siswa Terhadap Lagu Derah dan Lagu Pop SMP Negeri 1 Mutilan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Wagiran. (2011). “Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020”. Dimuat dalam Jurnal Kajian empirik dan Pengembangan,Vol. III, No. 3, Tahun 2011. Hlm. 85-100 (diakses pada 21 September 2021)

Zulkarnain, A. Febriamansyah, R. (2008). Kearifan Lokal dan Pemanfaatan dan Pesisir. Jurnal Agribisnis Kerakyatan, 1 (1): 69-84.




DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.1083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Attadib: Journal of Elementary Education Indexed By:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Attadib: Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FAI Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor.  K.H Sholeh Iskandar Street of Kedung Badak, Bogor City, West Java, Indonesia 16162 Phone/Fax. 0251-849529, Email: attadib@uika-bogor.ac.id