Implementasi Media Board game edukasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Asep Usamah, Neng Lia Yulianengsih, Yani Fitriyani, Adilah Fauziyah

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa menjadi suatu permasalahan yang terjadi, hal ini disebabkan karena belum terdapat penggunaan variasi media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran Board game edukasi pada pembelajaran PAI yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design (Nondesign) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 4 SD Aisyiyah Kecamatan Kuningan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari sebuah pengujian atau tes yang dilakukan pada pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji instrumen dan uji statistik. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media board game edukasi, hal ini dibuktikan dari hasil rata-rata mengalami kenaikan skor seluruh siswa dan peningkatan yang signifikan. Kesimpulan penelitian bahwa media board game edukasi berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran yang bervariasi salah satunya media board game edukasi.


Keywords


Pendidikan Agama Islam; Media Pembelajaran; Board game edukasi; Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Amelia, V. L., Setiawan, A., & Sukihananto, S. (2019). Board Game as an Educational Game Media to an Effort to Change the Attitude of Dengue Prevention in School-Aged Children. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 1(2), 1–9. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v1i2.12

Bernosky, J. (2016). Manager to Manager-Risk: Not just a board game. Journal - American Water Works Association, 108, 22–25. https://doi.org/10.5942/jawwa.2016.108.0063

Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Produktif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 03(02), 119–123. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2720

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17

Fitriyani, Y., Eliyanti, M., Hermawati, E., & Fauzi, T. R. (2021). The use of Risk Board Game Rulers of Archipelago as Learning Media on creative thinking ability of Elementary School Students. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 9(2), 353. https://doi.org/10.21043/elementary.v9i2.11547

Gafur, A. (2015). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI TATA CARA SHOLAT UNTUK SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 157–168.

Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021

Lutfi, A. F., & Usamah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Mata Pelajaran Fikih dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 219. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.490

Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101–106.

Mostowfi, S., Mamaghani, N. K., & Khorramar, M. (2016). Designing playful learning by using educational board game for children in the age range of 7-12: (A case study: Recycling and waste separation education board game). International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5453–5476.

Nursaadah, N. (2022). Guru Agama Islam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 397–409. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau

Palangka Raya, I., Jekan Raya, K., Palangka Raya, K., & Tengah, K. (2023). Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19: Analisis Sebuah Metode dan Dinamikanya di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(03).

Rafikasari, F., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Djazilan, S. (2021). Keefektifan Pembelajaran Agama Islam melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Pakem) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3232–3241. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1314

Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 6(1), 163–174.

Solihin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tahfidz Al-Quran di Sekolah Dasar. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21, 154–163. https://doi.org/10.36769/asy.v21i02.108

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Syawaluddin, A., Afriani Rachman, S., & Khaerunnisa. (2020). Developing Snake Ladder Game Learning Media to Increase Students’ Interest and Learning Outcomes on Social Studies in Elementary School. Simulation and Gaming, 51(4), 432–442. https://doi.org/10.1177/1046878120921902

Usamah, A., & Lutfi, A. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Canva Untuk SD Aisiyah Kuningan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 6372. https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.490

Zabidi, A. (2019). KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI SD SEKECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Inspirasi, 3(2), 2019.

Zeda, F. R., & Muliati, I. (2022). Praktikalitas Media Pembelajaran Berbasis Wordwall pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di SDN 19 Kampung Jawa Kota Solok. AS-SABIQUN, 4(4), 859–873. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i4.2085

Zubaedah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2, 1–17.

Zuraida, U. (2017). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas I. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 18–24.




DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v8i1.2424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Attadib: Journal of Elementary Education Indexed By:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Attadib: Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FAI Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor.  K.H Sholeh Iskandar Street of Kedung Badak, Bogor City, West Java, Indonesia 16162 Phone/Fax. 0251-849529, Email: attadib@uika-bogor.ac.id